RENCANA
BIMBINGAN DAN KONSELING
(SELF
CONCEPT COUNSELING)
Sasaran : Siswa SMA
Bidang
Bimbingan : Bimbingan Pribadi
Kelas :
Alokasi
waktu : 30 Menit
Topik
Bimbingan :Mengenali
konsep diri
Format
Layanan : Quesioner Self
Concept Counseling (QSCC) tersedia di
http//:www.konsep-diri.blogspot.com
A.
LATAR BELAKANG
Salah satu penentu dalam keberhasilan
perkembangan adalah Konsep Diri. Pada kali ini saya akan menjabarkan
bagaimana pentingnya konsep diri dalam kehidupan Sebelumnya apa sih konsep
diri itu?
Konsep
diri (self consept) merupakan suatu bagian
yang penting dalam setiap pembicaraan tentang kepribadian manusia. Konsep diri
merupakan sifat yang unik pada manusia, sehingga dapat digunakan untuk
membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya. Para ahli psikologi
kepribadian berusaha menjelaskan sifat dan fungsi dari konsep diri, sehingga
terdapat beberapa pengertian.
Konsep
diri seseorang dinyatakan melalui sikap
dirinya yang merupakan aktualisasi orang tersebut. Manusia sebagai organisme
yang memiliki dorongan untuk berkembang yang pada akhirnya menyebabkan ia sadar
akan keberadaan dirinya. Perkembangan yang berlangsung tersebut kemudian
membantu pembentukan konsep diri individu yang bersangkutan.
Perasaan individu bahwa ia tidak
mempunyai kemampuan yang ia miliki. Padahal segala keberhasilan banyak bergantung
kepada cara individu memandang kualitas kemampuan yang dimiliki. Pandangan dan
sikap negatif terhadap kualitas kemampuan yang dimiliki mengakibatkan individu
memandang seluruh tugas sebagai suatu hal yang sulit untuk diselesaikan.
Sebaliknya pandangan positif terhadap
kualitas kemampuan yang dimiliki mengakibatkan seseorang individu memandang
seluruh tugas sebagai suatu hal yang mudah untuk diselesaikan. Konsep diri
terbentuk dan dapat berubah karena interaksi dengan lingkungannya.
B.
TUJUAN
LAYANAN
Setelah mengikuti layanan melalui QSCC
siswa dapat mewujudkan pemahaman tentang konsep diri yang dimiliki, sehingga
siswa memiliki dorongan untuk berkembang yang pada akhirnya menyebabkan ia
sadar akan keberadaan dirinya.
Indikator
1.
Citra fisik
Siswa memberi cek
list pada lembar QSSC mengenai pandangan penilaian kepercayaannya terhadap bentuk fisik dan penampilan yang
dimiliki.
2.
Citra psikologis
Siswa memberi cek
list pada lembar QSSC mengenai pandangan penilaian kepercayaan siswa terhadap
pikiran, perasaan, dan emosinya.
3.
Konsep diri sosial
Siswa memberi cek
list pada lembar QSSC mengenai pandangan penilaian kepercayaan siswa terhadap
kemampuan bergaul dan kerjasama dengan orang lain.
C. MODEL/FORMAT
LAYANAN
Quesioner Self Concept Counseling (QSCC)
layanan yang digunakan untuk mewujudkan
pemahaman tentang konsep diri yang dimiliki, sehingga siswa memiliki dorongan
untuk berkembang yang pada akhirnya menyebabkan ia sadar akan keberadaan
dirinya melalui kuisioner yang tersedia di Web.
Waktu Kegiatan
|
Fase
|
Kegitan siswa
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
49
|
|||
(30
menit)
|
Diagnosisi
|
Siswa
mengikuti kegiatan layanan informasi untuk mengetahui informasi awal tentang
layanan QSCC, dan pengetahuan awal tentang konsep diri.
|
||||
Inti
|
Siswa
mengikuti kegiatan inti yang bisa berupa :
1.kunjungi
http//;www.konsep-diri.blogspot.com
2. anda bisa
membaca sekilas tentang konsep diri, jika anda ingin mengetahui seberapa
besar konsep diri anda, anda bisa menjawab kuesioner tersebut langsung di
komentar anda dengan cara menulis jawaban anda. Misalkan 1. S, 2. STS dan
seterusnya
3. hasil dari
pengisian kuesioner akan kami jawab melalui komentar pula.
|
|||||
Evaluasi
|
Siswa bisa
membuka kembali blog kami dan melihat langsung hasil dari hasil kuesioner
mereka.
|
D.
Setelah selesai kegiatan, tiap siswa diharapkan
untuk menuliskan:
1. siswa diharapkan memberi komentar
tentang blog yang kami buat.
2. siswa diharapkan memberi kritik dan saran yang
membangun untuk kemajuan blog kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar